Mengenal Konsep MVC (Model-View-Controller) dalam PHP

MVC (Model-View-Controller) adalah sebuah pola arsitektur aplikasi yang sering digunakan dalam pengembangan aplikasi web. Konsep ini memisahkan logika aplikasi ke dalam tiga bagian utama yaitu model, view, dan controller. Berikut ini adalah penjelasan singkat mengenai masing-masing bagian dalam konsep MVC:

  1. Model: Merupakan bagian dari aplikasi yang menangani data dan logika bisnis. Model berisi kode untuk mengolah data seperti mengambil data dari database, menambah data ke database, atau mengupdate data di database.
  2. View: Merupakan bagian dari aplikasi yang bertanggung jawab untuk menampilkan data ke pengguna. View berisi kode HTML, CSS, dan JavaScript untuk menampilkan data yang diolah oleh model ke dalam bentuk yang dapat ditampilkan di browser.
  3. Controller: Merupakan bagian dari aplikasi yang bertanggung jawab untuk menangani permintaan dari pengguna dan menjalankan logika yang diperlukan untuk memproses permintaan tersebut. Controller akan mengambil data dari model, memproses data tersebut sesuai dengan logika aplikasi, dan menampilkan hasilnya ke view.

Dengan menggunakan konsep MVC, aplikasi akan lebih mudah dikelola dan dikembangkan karena setiap bagian dari aplikasi dapat dikelola secara terpisah. Selain itu, konsep MVC juga membantu untuk menjaga kualitas kode dengan memisahkan logika aplikasi ke dalam bagian-bagian yang berbeda.

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *